TINJAUAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

ANSAR SALIHIN

Mahasiswa Jurusan Seni Kriya Fakultas Seni Rupa dan Desain

Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang-Sumatera Barat

Selasa, 27 September 2011, Komunitas Seni Kuflet Padangpanjang laksanakan diskusi bulanan, dengan narasumber Kendal Malik, S.Sn.,M.Ds (Desainer) Dosen Seni Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Istitut Seni Indonesia Padangpanjang. Kegiatan ini dilaksanakan di sekretariat Jl dr. A. Rivai No. 146 Kampung Jambak, Kota Padangpanjang. Dihadiri oleh penasehat Komunitas Seni Kuflet, Pengurus Komunitas Seni Kuflet, dan semua anggota Komunitas Seni Kuflet.

Diskusi Tinjaun Desain Komunikasi Visual (DKV) narasumber Kendal Malik S.Sn.,M.Ds. berlangsung di sekretariat Komunitas Seni Kuflet selama 2 SKS (2 x 50 Menit). Di sini tidak banyak membicarakan tentang DKV tapi lebih kepada tinjauan Desainnya. Karena anggota Komunitas Seni Kuflet tidak semuanya berasal dari kampus seni. Anggota ada yang berasal dari FKIP bahasa dan sastra, PAI, dan ada juga berasal dari SMA dan SD.

Penggunaan istilah design atau desain bermula dari gambar teknik arsitektur (gambar potong untuk bangunan) serta di awal perkembangan, istilah desain awalnya masih berbaur dengan seni dan kriya. Dimana, pada dasarnya seni adalah suatu pola pikir untuk membentuk ekpresi murni yang cenderung fokus pada nilai estetis dan pemaknaan secara privasi. Sedangkan desain memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang memang pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dll. Desain selalu berhubungan dengan budaya dan kebiasaan sehari-hari. Bahkan desain bisa merubah sifat manusia dan mempengaruhi kebiasaan dan lingkungan.

Desain merupakan perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Kemudian, kata “desain” dapat digunakan sebagai kata benda maupun kata kerja. Dalam artian yang lebih luas, desain merupakan seni terapan dan rekayasa yang berintegrasi dengan teknologi. Desain dikenakan pada bentuk sebuah rencana, dalam hal ini dapat berupa proposal, gambar, model, maupun deskripsi. Jadi dapat dikatan, desain merupakan sebuah konsep tentang sesuatu. Desain lahir dari penerjemahan kepentingan, keperluan, data maupun jawaban atas sebuah masalah dengan metode-metode yang dianggap komprehensif, baik itu riset, brainstorming, pemikiran maupun memodifikasi desain yang sudah ada sebelumnya.

Pada dasarnya desain dapat dibagi menjadi Desain Interior, Desain Produk, Desain Kriya, Desain Komunikasi Visual, Desain Grafis, dan Desain Tekstil. Desain Interior selalu berhungan dengan ruangan seperti ruangan rumah, gedung, kantor, stasiun, studio, dan lain-lainnya. Desain Interior adalah Ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan digunakan untuk memecahkan masalah manusia. Perancangan interior meliputi bidang arsitektur yang melingkupi bagian dalam suatu bangunan. Contoh : Perancangan interior tetap, bergerak, maupun decoratif yang bersifat sementara.

Desain produk tidak pernah terlepas dari kehidupan manusia karena dalam sehari manusia selalu menggunakan barang-barang produk untuk kebutuhan sehari-hari. seperti desain otomotif, furniture dan sebagainya. Kemudian desain kriya merupakan desain yang berhubungandan dengan produk kriya yang digunakan oleh konsumen seperti desain Furniture, ukiran, karya seni dan produk kriya lainnya. Desain tekstil erat hubungan dengan desain kriya tapi desain tekstil lebih berhubungan dengan desain permukaan. Berupa corak, ragam hias, seperti desain batik, tenun, sulam, anyam, dan sebagainya.

Desain Komunikasi Visual adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual, termasuk audio dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk gambar, huruf dan warna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya. Prinsip DKV adalah Pesan visual harus kreatif (asli, inovatif dan lancar), komunikatif, efisien dan efektif, sekaligus indah/estetis.

Desain sangat berhubungan dengan kreatif, inovatif, dan efesien untuk menghadapi zaman globalisasi. Tidak hanya memetingkan kualitas untuk bersaing tapi bagaimana caranya desain tersebut dapat memenuhi permintaan dan kenbutuhan manusia. Dalam pembutan desain perlu diperhatikan untuk siapa desain itu digunakan. orang dewasa berbeda dengan desain yang digunakan untuk anak-anak baik dari bentuk fisik, warna, kebutuhan dan lain-lain. Kemudian desain juga selalu memetingkang standar bagaimana penggunaan dan pemasarannya.

Langkah dasar desain ialah menentukan tujuan yang akan dibuat, kemudian mempertimbangkan factor luar yang mempengaruhi desain tersebut seperti budaya, sosial, dan kehidupan ekonomi. kemudian langkah selanjutnya menentukan kreteria, membuat rancangan, dan mengembangkan rancangan tersebut sehingga menjadi suatu desain. Setelah selesai jangan lupa mengevaluasi produk desain agar lebih berkualitas dan menguntungkan bagi desainer dan orang banyak.

Peran desain dalam kehidupan manusia adalah untuk menyusun lingkungan agar lebih teratur dan tertata dengan indah. Kemudian menanggulangi sampah supaya dapat diolah kembali. Desain juga dapat memperbaiki kehidupan sosial, memperbaiki material, dan memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Dampak desain yang dapat dilihat dalam kehidupan berupa dampak sosial, ekonomi, lingkungan dan budaya yang saling berhubungan dan saling membutuhkan.

Desain merupakan kegiatan yang mudah tapi rumit, dalam pengerjaannya perlu kecermatan, berfikir praktis, minialis, meskipun pengerjaannnya rumit. Supaya desain dapat memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen. Sehingga dalam mendesain desainer harus siap untuk di kritik, dan wajib dikritik agar desain selalu mengalami perubahan mengikuti zaman dan budaya yang berlaku dalam masyarakat.

Padangpanjang, 2011

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: