Beranda > BERITA, PENDIDIKAN > Tanda Tangan MOU ISI Padangpanjang dengan Songkhlarajabhat University Thailand

Tanda Tangan MOU ISI Padangpanjang dengan Songkhlarajabhat University Thailand

Salah satu Perguruan Tinggi ternama di Thailan Songkhlarajabhat University Thailand kunjungi Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang dalam rangka menandatangi MOU kerja sama. Acara tersebut dilaksanakan di Gedung Horiah Adam ISI Padangpanjang, Senin (17/09/2012). MOU Kerja sama kedua perguruan tinggi ditandatangi langsung oleh Rektor ISI Padangpanjang Prof. Dr. Mahdi Bahar, S.Kar.,M.Hum. dan Prof. Pairote Duangwiset Ph.D Presiden Songkhlarajabhat University Thailand.

Songkhlarajabhat University Thailand adalah salah satu perguruan Tinggi Pemerintah berdiri tahun 1919 yang terletak di Thailand Selatan. Ada beberapa Fakultas di Songkhlarajabhat University Thailand diantaranya Seni Pertunjukan, Seni Rupa, Teknologi, Pertanian, dan Manajemen. Khususnya dalam kerja sama ini bergerak dibidang Seni baik kreatifitas maupun akademik. Delapan orang dari Songkhlarajabhat University Thailand menghadiri acara tersebut, terdiri dari Presiden Songkhlarajabhat University Thailand, Asisten Profesor, Dosen Musik, Dosen Seni Rupa dan mahasiswa.

Rektor ISI Padangpanjang Prof. Mahdi Bahar, mengatakan “Pada zaman sekarang ini setiap negara dimanapun berada di dunia ini sudah menjadi keniscayaan tidak ingin berpisah dan berbelah. Manusia membutuhkan kerja sama agar tidak ada yang ditinggikan dan tidak ada yang direndahkan. Jadi tujuan MOU ini adalah mewujudkan hubungan kerja sama antar negara terutama dibidang seni Khususnya di ISI Padangpanjang” Katanya.

Menurut Prof. Mahdi Bahar, ada beberapa bidang nantinya yang dijalin kerjasama antara ISI Padangpanjang dengan Songkhlarajabhat University Thailand diantaranya bidang akademis, Kreativitas seni, Risert, Pertunjukan seni, Pameran seni rupa, Whorkshop dan pertukaran mahasiswa serta dosen antar kedua Perguruan Tinggi.

Prof. Mahdi Bahar menambahkan “MOU ini sebagai payung jembatan awal menjalin kerja sama, selanjutnya setiap Fakultas atau jurusan di ISI Padangpanjang boleh langsung melakukan suatu kegiatan kerjasama antar kedua kampus. Harapan dari MOU ini semoga kerja sama ini memacu kepada pengembangan, sehingga hubungan antar negara akan lebih baik” Tambahnya.

Sementara itu Asisten Profesor Songkhlarajabhat University Thailand Prof. Prasit Rittapirom, Ph.D. mengungkapkan kepada wartawan ketika di jumpai setelah makan siang “Kami senang berkunjung ke ISI Padangpanjang, terutama dengan sambutan yang baik dan meriah. Setelah beberapa waktu yang lalu rombongan dari Thailand berkunjung ke ISI Padangpanjang, kemudian mereka menyuruh kami untuk berkunjung ke sini juga. Sehingga kami datang ke ISI Padangpanjang untuk menandatangi MOU Kerjasama” Jelasnya.

Prof. Prasit Rittapirom, mengharapakan adanya pertukaran mahasiswa dan dosen kedua perguruan tinggi “Dua tahun yang lalu kami berkunjung ke ISI Denpasar dan malukan hubungan kerjasama pertukaran mahasiswa dan dosen antar kedua kampus, kami juga berharap kedepannya adanya pertukaran mahasiswa dan dosen antara Songkhlarajabhat University Thailand dengan ISI Padangpanjang” Tambahnya.

Hendri JB Pantia Pelaksana Festival Melayu Asia Tenggara mengatakan “Dalam waktu dekat 25-29 November 2012 ISI Padangpanjang akan laksanakan Festival Melayu Asia Tenggara. Kami berharap kepada presiden dan rombongan dari Songkhlarajabhat University Thailand dapat menghadiri acara tersebut baik sebagai pemateri Seminar internasional, Pertunjukan Seni atau Pameran Seni. Karya yang dipertunjukan dan dipamerkan merupakan karya-karya yang berbasis melayu” harapnya.
(ANSAR SALIHIN)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: