Beranda > Uncategorized > Budaya Melayu Landasan Filosofis AD/ART Himpunan Mahasiswa Jurusan di ISI Padangpanjang

Budaya Melayu Landasan Filosofis AD/ART Himpunan Mahasiswa Jurusan di ISI Padangpanjang


Oleh: Ansar Salihin

Musyawarah Besar seluruh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) se Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, di Balairung Hotel Gren Malindo Bukittinggi, Sabtu/Minggu (22-23/09/2012). Tujuan Mubes ini adalah pembuatan dan perumusan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga disetiap masing-masing HMJ. Peserta yang mengikuti terdiri dari lima mahasiswa dan satu dosen pembimbing setiap HMJ, diantarnya HMJ Kriya, HMJ Seni Murni, HMJ TV/Film, HMJ Musik, HMJ, Tari, HMJ Karawitan, dan HMJ Teater. Kemudian tiga fasilitator yaitu Martarosa, S.Sn.,M.Hum (Pembantu Rektor III), Hendri JB, S.Sn.,M.Sn (Pemabntu Dekan II Fakultas Seni Pertunjukan), Dr. Febri Yulika, M.Hum (Dosen Filsafat ISI Padangpanjang).

Mubes dilakansakan untuk mensosialisakian sistem organisasi kemahasiswaan, baik peraturan baru tentang sistem organisisasi mahasiswa dari DIKTI maupun peraturan organisasi mahasiswa di ISI Padangpanjang sendiri. Mestinya AD/ART HMJ se ISI Padangpanjang mampu mengacu kepada Visi dan Misi ISI Padangpanjang sendiri, yakni mewujudkan seniman dan ilmuan seni melayu berjaya. Itulah yang dirumuskan tujuh HMJ selama dua hari.

Anggaran Dasar (AD) adalah aturan dasar untuk membentuk sebuah organisasi, sedangkan Anggaran Rumah Tangga (ART) adalah aturan yang dibuat untuk menjalankan sebuah organisasi. ART juga dikatakan dengan kelanjutan dari AD, suatu aturan yang belum dirumuskan di AD akan di Atur di ART. Jadi AD/ART merupakan sebuah konstitusi atau landasan untuk menjalankan sebuah organisasi. Ada satu hal yang sangat penting dalam penyusunan AD/ART sebuah organisasi yaitu landasan filosofis AD/ART itu sendiri. AD/ART harus berkaitan dengan konteks organisasinya yang bersangkutan dan lembaga yang menaungi organisasi tersebut. Supaya kegiatan yang ada di organisasi mahasiswa tidak tumpang tindih dengan aturan yang ada dilembaga. Kemudian organisasi mahasiswa juga akan secara tidak langsung telah menjalankan visi dan misi lembaga itu sendiri. Tentunya ini hal yang sangat bermaaf bagi lembaga dan organisasi mahasiswa.

Setiap organisasi memiliki AD/ART sendiri dan yang membedakannya dengan AD/ART organisasi lain adalah bidang konteksnya, dibidang apakah bergerak organasisi, itulah yang menjadi filosofis AD/ART. HMJ yang ada di ISI Padangpanjang tidak harus sama isi AD/ARTnya dengan kode etik ISI Padangpanjang, namun HMJ mampu menafsirkan Visi dan Misi ISI Padangpanjang sebagai landasan filosofis dalam pembuatan AD/ART. Tidak harus mewujudkan seniman dan ilmuan melayu berjaya Visi setiap AD/ART HMJ, akan tetapi Visi yang mampu menerjemahkan, dan menjalankan Visi lembaga tersebut baik dari segi kreativitas, keilmuan, penalaran, penelitian, pengembangan dan pengambdian masyarakat.

Penulis adalah mahasiswa jurusan seni kriya, Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Padangpanjang, bergiat di Komunitas Seni Kuflet Padangpanjang

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: