Beranda > Uncategorized > Pertunjukan Jambo “Beranak Duri dalam Daging”

Pertunjukan Jambo “Beranak Duri dalam Daging”

Komunitas Seni Kuflet Padangpanjang akan mementaskan Pertunjukan teater Jambo “Beranak Duri dalam Daging” Karya/Sutradara Sulaiman Juned, bertempat di Taman Budaya Sumatera Barat, Sabtu (6/10/2012). Pertunjukan tersebut digelar dalam acara parade teater Sumatera Barat.

Sulaiman Juned (Sutradara, Penyair Nasional, juga dosen Teater ISI Padangpanjang) mengatakan “kami akan mementaskan spirit dunia yang berangkat dari konflik manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungannya. Ruang publik yang ada di Aceh kami pindahkan ke atas panggung dengan bentuk non-realis bergaya surialisme” Ungkapnya.

Soel (Panggilan akrab Teaterawan ini) menambahkan, “naskah lakon ini memiliki filosofi, merah- putih membagi cinta dengan paksa, lalu lahirkan sengketa. Orang-orang berdiang pada bara, hujan tak mampu memadamkannya, ah! Namun apapun yang dimaknai penonton tentang pertunjukan ini, itu bagian dari kemerdekaan dalam memaknai seni” Tegasnya.

Ketua Kuflet Alamsyah Putra mengungkapkan “Pertunjukan Teater ini merupakan pertunjukan yang diproduksi oleh Komunitas Seni Kuflet Padangpanjang yang ke 32. Tahun 2011 yang lalu, Taman Budaya juga mengadakan Parade Teater Karya Wisran Hadi, Komunitas Seni Kuflet mementaskan Pertunjukan teater kemerdekaan Karya Wisran Hadi disutradarai Oleh Sulaiman Juned. Tahun ini Kuflet diundang kembali dalam acara Parade Teater Sumatera Barat. Semoga pertunjukan tahun ini akan lebih baik dari sebelumnya. Sulaiman Juned dalam melakukan garapan teaternya selalu saja berangkat dari kekuatan lokalitas” Ungkapnya.

Sementara itu Pimpinan Produksi Rahmat mengatakan “Kami sudah siap tampil untuk tanggal 6 Oktober nanti. Walaupun sangat sedikit waktu dalam penggarapan pertunjukan ini, namun kami tetap memberikan yang terbaik untuk masyarakat Sumatera Barat. Aktor dalam pertunjukan ini berjumlah 13 orang, 7 orang sebagai aktor utama dan 6 sebagai aktor pendukung. Kemudian ditambah dengan penata musik dan 4 orang pemusik, penata rias dan kustum 2, Lihgting 1 dan kru lainnya 5 orang ” Tegasnya.

Kemudian Melfin Harap salah satu Aktor dalam pertunjukan tersebut menjelasakan “Pertunjukan ini digarap oleh sutradara dengan konsep surialis. Pesan-pesan yang disampaikan merupakan kondisi komplik Aceh beberapa tahun yang lalu. Serta kekejaman politik pemerintah terhadap rakyat biasa. Kondisi tersebut akan dijelaskan dibeberapa dialog dalam pertunjukan tersebut, seperti //….di negeri ini tidak pernah kering air mata, darah bahkan penghilangan nyawa sekalipun…//. masih terdapat dialog yang serupa” Jelasnya.

Naskah Lakon : Jambo “Beranak Duri dalam Daging”
Karya: Sulaiman Juned
Sutradara: Sulaiman Juned

SEKILAS SEJARAH KOMUNITAS SENI KUFLET PADANGPANJANG:

Komunitas Seni Kuflet Padangpanjang merupakan sebuah organisasi nirlaba yang bergerak dibidang seni. Didirikan pada hari Senin tanggal 12 Mei 1997, di kota Padangpanjang, Sumatera Barat. Didirikan oleh sastrawan, teaterawan, pemikir seni, dan pemerhati seni, serta pelaku seni diantaranya; Prof. Dr. Mursal Esten, Sulaiman Juned, S.Sn.,M.Sn, Drs. Jufri, M.Sn, Wiko Antoni, S.Sn, Maizul, S.E, dan I. Dewa Nyoman Supenida, S.SKar., M.Sn, serta Netti Herawati S.S.

Awalnya, Komunitas Seni Kuflet hanya berangkat dibidang seni saja. Namun dalam perjalanan waktu Kuflet memperluas kegiatannya dalam bidang seni yang lainnya, seperti bidang pertunjukan, bidang pelatihan, bidang sastra, bidang penerbitan dan bidang Event organizer. Bidang-bidang ini, ternyata mampu memberikan sumbangsih dan pengabdian kepada bangsa dan negara melalui seni, kususnya untuk Padangpanjang dan Sumatera Barat. Betapa tidak kuflet telah melahirkan pembaca puisi, aktor, sutradara, penyair, cerpenis, novelis, kolumnis, esais, dan desainer artistik, serta menejer seni untuk mengelola event-event pertunjukan, dan pameran seni yang handal

SEKILAS TENTANG SUTRADARA

Sulaiman, S.Sn, M.Sn pernah memakai nama pena; Soel’s J. Said Oesy, namun dalam dunia seni lebih di kenal dengan nama, Sulaiman Juned. Lahir di gampoeng kecil Usi Dayah, Kabupaten Pidie, Aceh 12 Mei 1965. Mulai menulis sejak tahun 80-an.

Karya puisi , esai, cerpen, artikel,reportase budaya, naskah lakon di muat di media; Santunan, Serambi Indonesia, Kiprah, Aceh Post, Peristiwa, Warta Unsyiah, Kalam, Aceh Express, Harian Aceh, Aceh Independen, AR-Raniry Post, Gema Baiturrahman, Ceurana (Aceh), Waspada, Analisa, Dunia Wanita (Medan), Riau Post (Riau), Singgalang, Haluan, Mimbar Minang, Saga, Jurnal PALANTA, Expresi Seni, Padang Expres, Laga-Laga (Sumbar), Suara Karya Minggu, Republika, Media Indonesia, Kompas, Majalah Sastra Horison (Jakarta), Majalah Bahasa dan Sastera (Malaysia & Brunai Darussalam).

Karyanya juga terkumpul dalam antologi puisi: Podium (1990), Bunga Rampai Pariwisata (JKT,1991), Hu (Teater Kuala Bna, 1994), TTBBIJ (Medan 1995), Ole-ole (1995), Surat (P.P,1998), Dalam Beku Waktu (DKB, 2002), Maha Duka Aceh (Jkt,2005), Syair Tsunami (2005), Lagu Kelu (ASA, 2005), Ziarah Ombak (Lapena, 2005), Aceh 8,9 Skala Richter Lalu Tsunami (Jkt,2005), Tiga Drama Jambo (2005), Antologi Cerpen, Joglo (Solo,2006), Surat: Catatan Merah-Putih (Kuflet, 2007), Riwayat (Jkt,2007). Juara III Sayembara Antologi Puisi Tingkat Nasional (PUSBUk DIKNAS Jakarta, 2007). Antologi Puisi Krueng Aceh (PKA-5 Aceh, 2009), Antologi Sastra Tuah Tara No Ate (Bunga Rampai Cerpen dan Puisi, Temu Sastrawan Indonesia ke-4, Ternate 2011).

Pendiri UKM-Teater NOL Unsyiah, Pendiri Sanggar Cempala Karya, Komunitas Seni Kuflet Padangpanjang ini membawa keliling raga teater; Aceh, Padang, Medan, Riau, Palembang, Bengkulu, Lampung, Jambi, Solo, Bandung, Bali, Jakarta. Sekarang dosen tetap jurusan Teater ISI Padangpanjang dan dosen FKIP/Bahasa dan sastra Indonesia UNIV Muhammadiyah Padangpanjang, Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia di STKIP PGRI Padang, dan Dosen Sosiolgi Keluarga di STAI Imam Bonjol Padangpanjang. Kepala Humas ISI Padangpanjang, Sumatera Barat. Sekretaris Pendirian ISBI Aceh.

SINOPSIS KARYA JAMBO ‘Beranak Duri Dalam Daging’
Merpati
putih. Seikat kembang di paruh
dadanya berdarah. Nyanyian kematian
nyaring terdengar-semua hilang bentuk-dijalan
jalan dusun-kampung dan kota
terkoyak api dendam

CATATAN FILOSOFIS
merah
putih. Membagi
cinta dengan paksa
lahirkan sengketa. Orang-orang
berdiang pada bara-hujan tak mampu
memadamkannya.
Ah

PENDUKUNG KARYA

Naskah Lakon : Jambo “Beranak Duri dalam Daging”
Karya : Sulaiman Juned

TIM PRODUKSI
Pimpinan produksi : Rahmat
Stage Manager : Saniman Andikafri
Sie Konsumsi : Melati Rahman, Iwan Rahmat
Sei Dokumentasi : David Darmadi
Sei Pubklikasi : Ansar Salihin

TIM ARTISTIK:
Sutradara : Sulaiman Juned
Aktor : Melfin Harahap sebagai Polem
Awaluddin Ishak Sebagai Ali
Rika Silviani Sebagai Minah
Saniman Andakafri Sebagai Komandam Upah
Rahmat Sebagai Pasukan Upah I
Alamsyah Putra Sebagai Pasukan Upah II
Ansar Salihin Sebagai Aman Ismail
Afleni Sebagai Kaum Ateuh
Rahmi Kurniati Sebagai Orang-orang
Serly Ekaputri Arnas Sebagai Orang-orang
Penata Musik : I Dewa Nyoman Supenida
Pemusik : Fadlun,T. Afifuddin, Munzir
Penata Seting : Sahrian Rusdi
Penata Lighting : Dedi Ajo Khan
Penata Rias/Busana : Irma Erviana, Melati Rahman

BIODATA PENDUKUNG KARYA

Rahmat (Pimpinan Produksi/ Aktor) Lahir di Aceh Utara, 24 September 1991. Tinggal di Padangpanjang. Mahasiswa ISI Padangpanjang, Jurusan Seni Kriya. Pernah mentas Teaterikal Puisi Ziarah Bencana (2011) Pentas Teater Kemerdekaan Parade Teater taman Budaya Sumater Barat (2011). dan Pentas Didong Kaloborasi Rafly Kande di ISI Padangpanjang (2011). Aktif di Komunitas Seni Kuflet.

Saniman Andikafri (Stage Meneger/Aktor) Lahir di Aceh Tenggara, 3 Agustus 1992, Tinggal di Padangpanjang. Mahasiswa ISI Padangpanjang, Jurusan Seni Kriya. Pernah mentas Deramatisasi Puisi Bersebelas (2011) dan Pentas Didong Kaloborasi Rafly Kande di ISI Padangpanjang (2011). Aktif di Komunitas Seni Kuflet.

Awaluddin Ishak (Aktor) Lahir di Buntul Kepies, Bener Meriah-Aceh, 21 September 1991. Tinggal di Padangpanjang. Mahasiswa ISI Padangpanjang, Jurusan Seni Kriya. Pernah mentas Teaterikal Puisi (2011), Pentas Teater Kemerdekaan Parade Teater taman Budaya Sumater Barat (2011). dan Pentas Didong Kaloborasi Rafly Kande di ISI Padangpanjang (2011). Aktif di Komunitas Seni Kuflet.

Melfin Maradhewa Harahap (Aktor) Lahir di Rantau Parapat-Sumtera Utara, 17 Mei 1985. Tinggal di Padangpanjang. Mahasiswa ISI Padangpanjang, Jurusan Seni Teater. Pernah mentas teater S2 di ISI Padangpanjang (2010) aktor ujian TV/Film di ISI Padangpanjang (2010).
Pentas Teater Kemerdekaan Parade Teater taman Budaya Sumater Barat (2011.

Rika Silviani (Aktor) Lahir di Padangpanjang, 1 Mei 1989, tinggal di Padangpanjang. Mahasiswa UMSB Padangpanjang, FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia. Pernah mentas Teater “Inong Bale”, Teater “siti Manggopoh” (2010), Sutradara Dramatisasi Puisi Bersebelas (2011). Mantan PJS ketua Komunitas Seni Kuflet.

Ansar Salihin (Aktor) Lahir di Buntul Kepies, Bener Meriah-Aceh, 11 Juni 1991. tinggal di Padangpanjang. Mahasiswa ISI Padangpanjang, Jurusan Seni Kriya. Pernah mentas Didong dan Saman di Taman Budaya Banda Aceh (2008), pementasan Teaterikal Puisi(2011), Pentas Teater Kemerdekaan Parade Teater taman Budaya Sumater Barat (2011). dan Pentas Didong Kaloborasi Rafly Kande di ISI Padangpanjang (2011). Sekretaris Komunitas Seni Kuflet.

Alamsyah Putra (Aktor) Lahir di Kotacane-Aceh Tenggara, 12 Maret 1993. tinggal di Padangpanjang. Mahasiswa ISI Padangpanjang, jurusan Seni Kriya. Pernah mentas Teaterikal Puisi Ziarah Bencana (2011) Pentas Teater Kemerdekaan Parade Teater taman Budaya Sumater Barat (2011). dan Pentas Didong Kaloborasi Rafly Kande di ISI Padangpanjang (2011). Ketua Komunitas Seni Kuflet.

Afleni (Aktor) Lahir di Batu Sangkar, 30 April 1998. tinggal di Padangpanjang. Mahasiswa UMSB Padangpanjang, FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia. Pernah mentas Teater “siti Manggopoh” (2010) Teaterikal Puisi (2011), Dramtisasi Puisi Bersebelas (2011). Aktif di Komunitas Seni Kuflet.

Rahmi kurniawati (Aktor) lahir di Cingkaring, 17 Januari 1994. Sekolah di sekolah di MA KM muhammdiyah Padangpanjang, tinggal di Padangpanjang. Sering mengikuti lomba Baca Puisi dan sering pula menjadi juara. Aktif di Komunitas Seni Kuflet.

Sherly Ekaputri Arnas (Aktor) lahir di Padangpanjang Sumatera Barat (22 Desember 1997). Pernah sekolah di SDN 06 Teladan padangpanjanga, sekarang sekolah di SMPN 1 Padangpanjang. Anggota termuda komunitas Seni Kuflet.

I Dewa Nyoman Supenida (Penata Musik) Lahir di Bali Utara, 2 September 1960, tinggal di Padangpanjang. Dosen Jurusan Karawitan ISI Padangpanjang. Komposer yang telah berkelana keliling dunia dengan musik karawitan. Ia penasihat komunitas seni Kuflet.

Sahrian R. (Penata Setting) Lahir di Atang Jungket-Aceh Tengah 15 Januari 1992, tinggal di Padangpanjang. Mahasiswa ISI Padangpanjang, Jurusan Seni Kriya. Pernah mentas Didong dan Saman di Taman Budaya Banda Aceh (2008), Dramtisasi Puisi Bersebelas (2011), Pentas Teater Kemerdekaan Parade Teater taman Budaya Sumater Barat (2011). dan Pentas Didong Kaloborasi Rafly Kande di ISI Padangpanjang (2011). Wakil Ketua Komunitas Seni Kuflet.

Dedi Ajo Khan (Penata Leingting) lahir di pariaman-Sumatera Barat, 11 januari 1983. Awal berkesenian 1999 di sanggar ABG Maimbau pentas “mambangkik batang tarandam” di taman ismail marzuki Jakarta. Bekerja sebagai teknisi Jurusan Teater ISI Padangpanjang.

Irma Erviana (Penata Busana dan Rias) Lahir di Teluk Kuantan-Riau, 23 September 1990. tinggal di Padangpanjang. Mahasiswa ISI Padangpanjang, Jurusan Seni Teater. Pernah mentas teater “ Siti Baharam” di Pariaman (2011), Sutradara Elegi Musim Panas di ISI Padangpanjang (2011) Aktor dalam Kemerdekaan Parade Teater taman Budaya Sumatera Barat (2011). Bendahara Umum Komunitas Seni Kuflet

Melati rahman (Konsumsi) Lahir di Lampung Barat, 15 Mei 1993, Tinggal di Padangpanjang, mahasiswa ISI Padangpanjang Jurusan Seni Teater. Aktif di Komunitas Seni Kuflet.

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: