Beranda > BERITA, Teater > Kuflet Siap Pentas di Parade Teater Sumatera Barat

Kuflet Siap Pentas di Parade Teater Sumatera Barat

Memeriahkan Acara Parade Teater Sumatera Barat, Komunitas Seni Kuflet Padangpanjang akan mementaskan Pertunjukan teater Jambo “Beranak Duri dalam Daging” Karya/Sutradara Sulaiman Juned, Pertunjukan tersebut akan di gelar di Gedung Utama Suamtera Barat. Sabtu (6/10/2012) pukul 16.00 WIB.

Sulaiman Juned (Sutradara, Penyair Nasional, juga dosen Teater ISI Padangpanjang) mengatakan “kami akan mementaskan spirit dunia yang berangkat dari konflik manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungannya. Ruang publik yang ada di Aceh kami pindahkan ke atas panggung dengan bentuk non-realis bergaya surialisme” Ungkapnya.

Soel (Panggilan akrab Teaterawan ini) menambahkan, “naskah lakon ini memiliki filosofi, merah- putih membagi cinta dengan paksa, lalu lahirkan sengketa. Orang-orang berdiang pada bara, hujan tak mampu memadamkannya, ah! Namun apapun yang dimaknai penonton tentang pertunjukan ini, itu bagian dari kemerdekaan dalam memaknai seni” Tegasnya.

Ansar Salihin Sekretaris Umum Kuflet juga aktor dalam acara tersebut mengatakan “Jambo ‘Beranak Duri dalam Daging’ merupakan kisah komplik dendam berkepanjangan. Kekejaman dan kekerasan tidak akan pernah melahirkan kedamaian. Itulah yang diungkapakan oleh Sulaiman Juned dalam karyanya. Melalui karya seni seorang seniman memberikan nasehat kepada masyarakat, agar tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama” Katanya.

Ansar menambahkan “Pertunjukan ini digarap oleh sutradara dengan konsep surialis. Pesan-pesan yang disampaikan merupakan kondisi komplik Aceh beberapa tahun yang lalu. Serta kekejaman politik pemerintah terhadap rakyat biasa. Kondisi tersebut akan dijelaskan dibeberapa dialog dalam pertunjukan tersebut, seperti //….di negeri ini tidak pernah kering air mata, darah bahkan penghilangan nyawa sekalipun…//. masih terdapat dialog yang serupa” Jelasnya.

Sementara itu Pimpinan Produksi Rahmat mengatakan “Kami sudah siap tampil untuk tanggal 6 Oktober nanti. Walaupun sangat sedikit waktu dalam penggarapan pertunjukan ini, namun kami tetap memberikan yang terbaik untuk masyarakat Sumatera Barat. Aktor Melfin Harahap sebagai Polem, Awaluddin Ishak Sebagai Ali, Saniman Andakafri Sebagai Komandam Upah, Rahmat Sebagai Pasukan Upah I, Alamsyah Putra Sebagai Pasukan Upah II, Ansar Salihin Sebagai Aman Ismail, Afleni Sebagai Kaum Ateuh, Iwan Rahmat Awaludin, Ayu Masri Utami, Hermansyah, Khairunas Sebagai Orang-orang” Tegasnya.

(WIEN)

Kategori:BERITA, Teater
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: