Beranda > BERITA, KARYA SASTRA > Antologi Puisi Kopi Segera Terbit

Antologi Puisi Kopi Segera Terbit

TGI

The Gayo Institute (TGI) Takengon, Aceh Tengah, rencanannya akan segera menerbitkan Antologi Puisi bersama untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya Antologi Puisi PASA mendapat respon yang baik dari penikmat seni. Antologi puisi dengan judul tunggal KOPI, nantinya akan terbit dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Antologi ini hasil karya penyair-penyair asal Aceh yang tersebar di seluruh Indonesia, baik penyair-penyair muda maupun penyair senior.

Salman Yoga, Direktur The Gayo Institut yang dihubungi melalui telepon seluler kepada kuflet.com mangatakan “Puisi yang telah terkumpul saat ini berjumlah 236 puisi dari 59 penyair asal Aceh, masing-masing penyair mengirirm 4 puisi. Penyair tersebut tersebar di suluruh Indonesia, ada dari Takengon, Banda Aceh, Medan, Riau, Padang, Jakarta, Yogyakarta, Bali, Makasar dan daerah lainnya di seluruh Indonesia” Ungkapnya.

Salman Yoga menambahkan “Puisi yang berasal dari 59 penyair ini sekarang sedang dalam tahap seleksi oleh kurator. Tidak semua puisi tersebut masuk dalam antologi puisi Kopi, namun puisi-puisi yang dipilih kurotorlah yang layak dimasukan dalam antologi tersebut. ada berberapa tahap pemilihannya, diantaranya seleksi oleh tim, seleksi redaktur TGA, dan seleksi di editor” Tambahnya.

Salman juga menyebutkan Ada tiga kriteria yang dinilai oleh kurator dalam pemilihan untuk antologi puisi Kopi, diantaranya kesesuaian tema (kopi) dengan judul yang dibuat oleh penyair, tentang kontent puisi dengan tema puisi, dan substansi puisi terkait dengan kopi.

Para kurator terdiri dari empat orang, dua orang dari dewan redaksi TGA, Salman Yoga dan Fikar Weda. Puisi yang telah di seleksi nantinya akan di edit oleh Salman Yoga dan Fikar Weda.

Antologi Puisi Kopi akan terbit secepatnya “Direncanakan antologi puisi ini akan terbit pada awal 2013, kemudian akan dilaunchingkan di dua tempat di Takengon (Aceh Tengah) dan Jakarta serta di tempat lainnya kalau dibutuhkan. Harapan saya semoga buku ini dapat diterima oleh sastrawan dan masyarakat umum” ungkap Salman Yoga.

Penebitan buku antologi puisi Kopi ini bertujuan untuk mempromosikan penghasilan daerah khususnya daerah gayo. “Kopi adalah penghasilan utama daerah Gayo, dan kopi juga merupakan icon Provinsi Aceh pada umunya” Kata Salman. (Ansar Salihin)

Sumber Jurlan Seni Online Kuflet.com dan Lintasgayo.com

Kategori:BERITA, KARYA SASTRA
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s