Beranda > BERITA > Diskusi Sastra Proses Kreatif Komunitas Seni Kuflet

Diskusi Sastra Proses Kreatif Komunitas Seni Kuflet

KUFLET LOGO 2

Padangpanjang__Komunitas Seni Kuflet laksanakan diskusi sastra di sekretariat Komunits Seni Kuflet Jl. dr A Rivai No 146 Kampung Jambak Padangpanjang–Sumatra Barat, Senin 13/5/2013. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka agenda bulanan kuflet. Diskusi tersebut membicarakan proses kreatif penulisan karya sastra, tujuannya melahirkan penulis-penulis muda. Peserta diskusi adalah angota Komunitas Seni Kuflet Padangpanjang.

Pemateri diskusi sastra diantaranya Saniman Andikafri (Mahasiswa jurusan Kriya Institut Seni Indonesia Padangpanjang) Judul materi teknik penulisan karya sastra. Kemudian pemateri kedua Ansar Salihin (Penulis muda dan mahasiswa Jurusan Kriya ISI padangpanjang) Judul materi proses kreatif menulis karya sastra. Kedua pemateri tersebut merupakan anggota Komunitas Seni Kuflet.

Saniman Andikafri membahas tentang bagaimana cara menulis puisi yang baik dan hal-hal yang harus dihindari dalam peoses pembuatan sebuah karya sastra. Ia mengatakan “Proses pembuatan karya sastra baik itu puisi maupun karya sastra lainnya, hal yang perlu diperhatikan bagaimana menyampaikan ekpresi lewat media kata-kata atau tulisan. Salah satu cara pembuatan puisi yang baik adalah jangan terlalu banyak menggunakan pengulangan kata, kemudian menghindari penggunaan kata penghubung yang terlalu banyak.

Ansar Salihin membahas tentang gambaran umum dan jenis karya tulis, proses kreatif menulis karya sastra dan langkah-langka penulisan karya sastra. Ia mengatakan “Ada beberapa langkah yang harus dilalui dalam proses pembuatan sastra diantaranya pencarian ide, Pengeraman terhadap ide, Mewujudkan ide ke dalam tulisan, Pengendapan karya, proses editting, kemudian didiskusikan karya tersebut, dan terakhir dipublikasikan karya tersebut baik di media cetak maunpun media online” Ungkapnya.

Setelah penyampaian materi peserta langsung ditugaskan untuk membuat karya berupa puisi. Puisi tersebut kemudian dibacakan, didiskusikan bersama, dan langsung diedit secara secara bersama untuk memberikan masukan dan mengoreksi kesalasan-kesalahan yang terdapat dalam karya masing-masing. Tujuan hal tersebut adalah sebagai pembelajaran dalam menciptakan sebuah karya sastra juga bagaimana teknik memperbaikinya. Setelah itu rencananya puisi tersebut akan dijadikan antologi puisi mini dan diterbitkan di media online. Hal tersebut akan memotivasi para penulis muda dalam berkarya sastra.

SANI PLIS

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: