Beranda > BERITA, KARYA SENI PERTUNJUKAN, Musik > Sumboe: Ketika Rapa’i Berkolaborasi dengan Didong

Sumboe: Ketika Rapa’i Berkolaborasi dengan Didong

Kolaborasi Rapa'i Didong IPMA Padangpanjang

Kolaborasi Rapa’i Didong IPMA Padangpanjang

Padangpanjang__Group Sumbu IPMA Tampilkan kolaborasi Rapa’i dan Didong dalam acara Pegelaran Seni Budaya Aceh dengan tema Pulang Kampung Mengenang 9 tahun Tsunami 2004 dilaksanakan Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Aceh (IPMA) Padangpanjang Sumatera Barat, ini merupakan bagian dari kekayaan budaya Aceh yang memiliki kesenian yang bermacam bentuknya.yang. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis malam, (26/12) di Gedung Pertemuan M. Syafe’i Kota Padangpanjang Sumatera Barat.

Rapa’i adalah alat musik tetabuhan tradisional menyerupai rebana yang tumbuh dan berkembang sejalan penyebaran agama Islam di Aceh yang keberadaannya telah ada sejak zaman kerajaan Samudra Pasai. Alat musik rapa’i pasee dibawa oleh rombongan pengikut Syeikh Abdul Kadir Jailani dari tanah Arab dalam rangka  mensyiarkan agama Islam di Aceh, Mulai dari daerah Pereulak hingga ke daerah Pase (sekarang termasuk dalam wilayah Aceh Timur).

Sementara Didong adalah kesenian tradisional Gayo, Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Kesenian yang diperkenalkan pertama kali oleh Abdul Kadir To`et ini berasal dari dua akar kata, yaitu din dan dong. Din dari bahasa Arab yang artinya agama dan dong dari bahasa Gayo yang artinya dakwah. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa istilah Didong murni berasal dari bahasa Gayo, yaitu denang atau donang yang artinya gendang.

Kedua jenis kesenian tersebut memiliki perbedaan baik dari segi bunyi maupun alat musik yang digunakan, namun dalam kolaborasi ini ada saatnya Rapa’i mengikuti Didong dan sebaliknya Didong mengikuti rapa’i. Secara media Rapa’i menggunakan alat musik Rapa’i sejenis rebana kemudian didong menggunakan bantal didong dan tepukan tangan.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: