Beranda > BERITA, KARYA SENI PERTUNJUKAN > Pagelaran Seni Gayo dan Alas: Gayo Art Summit

Pagelaran Seni Gayo dan Alas: Gayo Art Summit

Banda Aceh: Pagelaran Gayo Art Summit sukses. Ribuan masyarakat dari kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah,Gayo Lues,dan Aceh Tenggara larut dalam aneka seni tradisional yang dipersembahan mahasiswa di Gedung Dayan Dawood, Unsyiah, Rabu malam (8/1/2013).

Acara yang dikemas apik itu mempersembahkan seni-seni asal Gayo dan Alas antara lain dari Aceh Tenggara Belu Mesusun,Tangis Dilo dan Beru Dihe, dari Aceh Tengah Didong dan Guel, Bener Meriah Guru Didong,serta Gayo Lues menampilkan Saman Gayo dan Bines.

Massa dikagetkan dengan kemunculan Tangis Dilo dari Aceh Tenggara yang dipilih menjadi pembuka acara. Dalam syair yang mengalun sedih itu, sipelantun berkisah tentang kehadiran semua tamu dan juga tentang latar belakang acara.

Sedangkan pada pementasan lainnya, Band Laskar Gayo berkolaborasi dengan Saman dan Didong. Kekuatan seni Saman yang mengawali penampilan Laskar Gayo rupanya kurang menggigit, namun vocal Ali menutupinya dengan sempurna,tetapi disesi kolaborasi Laskar Gayo dengan Guel, cukup menghibur dan dimainkan dengan nyanyian musik yang menghentak.

Pada penutupan seni tradisi ditampilkan kesenian dari 4 Kabupaten dengan jumlah personil mencapai puluhan Orang. Kolaborasi ini diawali dengan 2 orang penari Guel, dilanjutkan dengan Belo Mesoson dan Bines dari Gayo Lues. Sesi ini di penghujungnya seluruh penari berputar seraya memegang pinggul satu dengan lainnya.

Hadir pada acara tersebut Sekda Aceh Drs H Darmawan, Aceh Tenggara Hasanuddin, Ketua Keluarga Negeri Antara Jamhuri, Kepala Dinas pariwisata Aceh Tengahepala Dinas Kebudayaan,Pariwisata Pemuda dan Olahraga Aceh Tengah Nasiruddin, Panulis Media Warga Kompasiana Muhammad Syukri serta sejumlah tokoh dari 4 Kabupaten. (tarina)

Sumber: Lintasgayo.co

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: