Beranda > BERITA > Mahasiswa Oberlin Colege Amerika Belajar Talempong dan Randai

Mahasiswa Oberlin Colege Amerika Belajar Talempong dan Randai

Mahasiswa Oberlin Amerika Belajar Talempong di ISI Padanggpanjang

Mahasiswa Oberlin Amerika Belajar Talempong di ISI Padanggpanjang

Padangpanjang__The Conservatory of Music at Oberlin College, Division of Musicology USA-Amerika kunjungi kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Rabu 15/1/2014. Kunjungan tersebut diisi dengan pemberian workshop Talempong dan Randai (Kesenian Tradisi Minangkabau). Selain itu ISI Padangpanjang juga mempersembahkan beberapa pertunjukan tradisi Minangkabau seperti Talempong, Selawat Dulang dan pertunjukan Randai.

Workshop tersebut dipimpin oleh dosen karawitan ISI Padangpanjang yang didampingi oleh mahasiswa. Mahasiswa Oberlin College langsung memainkan talempong, gendang, serunai, saluang dan bansi. Peserta workshop dipandu oleh mahasiswa ISI Padangpanjang yang mengerti tentang alat musik yang dimainkan.

Mahasiswa Oberlin Amerika Belajar Talempong di ISI Padanggpanjang

Mahasiswa Oberlin Amerika Belajar Talempong di ISI Padanggpanjang

Jennifer Fraser dosen Oberlin College juga pimpinan rombongan tersebut mengatakan, tujuan mereka mengunjungi Indosenia untuk mempelajri dan mendalami kesenian tradisi di Indosenia salah satunya di Sumatera Barat. Sebelumnya rombongan telah berkunjung ke Aceh belajar Saman dan Seudati. Kemudian di Sumatera Barat belajar Talempong dan Randai.  Selanjutnya rombongan tersebut akan menuju UGM Yogyakarta dan ISI Surakarta belajar tentang kesenian Jawa.

“Kami sangat senang berkunjung ke ISI Padangpanjang, selain disambut dengan baik, kami dapat langsung melihat pertunjukan kesenian tradisi Minangkabau. Selain itu juga para mahasiswa Oberlin College dapat memainkan alat musik talompong dan belajar randai, para mahasiswa baru kali ini dapat memainkan talempong dan pertunjukan randai secara langsung. Kesenian ini nanti akan menjadi referensi dan akan dikembangkan di Oberlin College Amerika” Ungkap Jennifer Fraser dosen talempong di Oberlin College Amerika yang telah lama belajar di Sumatera Barat beberapa tahun yang lalu.

ANSAR SALIHIN

Kategori:BERITA
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: