Beranda > BERITA > Jeruk Kepies, dari Redelong hingga Pekanbaru

Jeruk Kepies, dari Redelong hingga Pekanbaru

Jeruk di Kepies Kabupaten Bener Meriah. (Ansar Salihin)

Jeruk di Kepies Kabupaten Bener Meriah. (Ansar Salihin)

Kepies-LintasGayo.co : Salah satu jenis buah-buahan yang tumbuh subur di daerah kabupaten Bener Meriah, kecamatan Permata desa Kepies adalah buah jeruk.

Jeruk di daerah yang bisa ditempuh selama setengah jam dari Ponok Baru ini berbeda dengan jeruk daerah lainnya, salah satu ciri khasnya adalah buahnya berukuran sedang tidak terlalu besar, rasanya manis keasaman, airnya banyak atau berisi, daging buahnya bersih tidak terlalu banyak serat.

Buah jeruk ini banyak beredar di pasaran baik di Bener Meriah, Aceh Tengah maupun di luar daerah seperti Bireuen, Banda Aceh, Medan dan Pekanbaru.

Biasanya petani diaerah Kepies dan sekitarnya menanam jeruk hanya untuk usaha sampingan di tengah-tengah kebun kopi. Hal ini mungkin berbeda dengan daerah lainnya jeruk dijadikan sebagai penghasilan utama. Secara umum masyarakat di daerah Aceh Tangah dan Bener Meriah jeruk dijadikan sebagai penghasilan sampingan.

Salah satu petani di desa Kepies, M Yusuf kepada LintasGayo.co, Kamis 30 Januari 2014 mengatakan jeruk di daerah ini hanya sebagai kebutuhan untuk keluarga, bukan sebagai penghasilan utama.

Apabila ada orang yang membeli maka jeruk ini sebagian di jual dan kalau tidak ada yang beli kita kirim untuk kelurga yang berada di luar daerah. Lagian Jeruk ini cuma sedikit ditanam di tengah-tengah kebun kopi, penghasilannya tidak terlalalu banyak.

“Harga Jeruk yang dijual biasanya Rp 2.000,- hingga Rp 4.000 perkilogramnya. Sedangkan penghasilan sekali panen mulai 200 kg hingga 600 kg. Jangka waktu panen dua minggu hingga dua bulan sekali, kemudian untuk masa musim panennya selama enam bulan satu kali dalam setahun,” ungkap M Yusuf.

Sementara Umin salah satu toke (Agen-red) sayuran dan buah-buahan di Kepies terpisah memaparkan jeruk dan buah-buahan dari Kepies biasanya di jual ke agen besar di Simpang Balik, kemudian dari Simpang Balik akan dijual ke Bireuen, Banda Aceh, Medan dan Pekanbaru.

“Khusus untuk jeruk, agen banyak meminta untuk jeruk yang berasal dari Kepies, karena buahnya sangat bagus, rasanya manis murni, tahan lama dan belum ada terkena penyakit,” pungkas Umin. (Ansar Salihin)

Sumber: http://lintasgayo.co/2014/01/30/jeruk-kepies-dari-redelong-hingga-pekanbaru

Kategori:BERITA
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: