Beranda > BERITA, KARYA SENI PERTUNJUKAN, Teater > Garak Nagari Perempuan: Pembacaan Atas Kaba dan Realita Masyarakat Minangkabau

Garak Nagari Perempuan: Pembacaan Atas Kaba dan Realita Masyarakat Minangkabau

Pertunjukan Garak Nagari Perempuan Karya Susas Rita Loravianti di Muara Labuh Solok Selatan (Foto: Ansar Salihin, 2014)

Pertunjukan Garak Nagari Perempuan Karya Susas Rita Loravianti di Muara Labuh Solok Selatan (Foto: Ansar Salihin, 2014)

Pertunjukan karya seni Garak Nagari Perempuan karya Susas Rita Loravianti tampil di Pasir Talang Muara Labuh Solok Selatan Sumatera Barat, Jumat 30 Mei 2014. Pertunjukan tersebut merupakan karya tugas akhir program Doktor Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Garak Nagari Perempuan diproduksi oleh Sanggar Sikambang Manih bekerja sama dengan ISI Surakarta, ISI Padangpanjang dan pemerintah Solok Selatan.

Pertunjukan tersebut kurang lebih berlangsung selama dua jam yang dihadiri oleh Rektor ISI Surakarta (Prof. Dr. Sri Rochana W,S.Kar.,M.Hum) beserta Direktur Pascasarjana ISI Surakrta (Dr. Aton Rustandi Mulyana, S.Sn, M. Sn), Rektor ISI Padangpanjang (Herwan Fahrizal, S.Sn.Hum), Bupati Solok Selatan (Muzni Zakaria), Kepala Dinas dan pejabat pemerintah dari berbagai kabupaten di Sumatera Barat, Dosen ISI Padangpanjang dan ribuan masyarakat umum.

Pertunjukan ini juga langsung disaksikan oleh sembilan penguji yang berasal dari ISI Surakarta diantaranya Prof. Sardono W. (Promotor), Prof. Dr. Sri Rochana W, (Co Promotor), Prof. Dr. Raudha Thaib (Co Promotor), Prof. Dr Roestopo, Prof. Dr. Sri Hastanto, Prof. Dr. Pande Sukerta, Prof. Dr. Nanik Prihatin, Dr. Rozan Anwar dan Dr. Rustandi Mulyana.

Rektor ISI Surakarta mengatakan sangat terharu terhadap pertunjukan yang dipentaskan oleh Lora “Ini sebuah apresiasi yang sangat luar biasa, karena tidak semua orang mampu melaksanakan pertunjukan ditempat yang terbuka dan melahirkan artistik yang sebenarnya seperti surai, balai adat, rumah gadang dan istana raja. Ini merupakan salah satu tanggung jawab moral pengkarya kepada masyarakat” Ungkapnya.

Rektor ISI Surakarta juga langsung mengukuhkan Susas Rita Loravianti sebagai Doktor setelah melaksanakan ujian sidang terbuka di lokasi pertunjukan tersebut. Sidang terbuka ini dipimpin langsung oleh Rektor ISI Surakrta dan diuji oleh sembilan penguji yang berasal dari ISI Surakarta. Juga disaksikan oleh Bupati Solok Selatan serta undangan dan penonton yang hadir pada malam itu.

Bupati Solok Selatan mengatakan “Kami dari pemerintah Solok Selatan sangat mendukung kegiatan ini, tidak banyak orang yang peduli lagi terhadap seni budaya tradisi, pertunjukan ini merupakan salah satu ajang promosi seni budaya kepada masyarakat umum. Kegiatan seperti ini sudah sepatutnya menjadi perhatian pemerintah dan menjadikan event tahunan di Solok Selatan” Jelasnya.

Susas Rita Loravianti Koreografer Garak Nagari Perempuan juga dosen di ISI Padangpanjang mengatakan “Karya tari ini mengungkapkan peran dan fungsi perempuan Minangkabau pada posisinya yang ideal. Lewat karya ini, langkah yang harus ditempuh adalah melihatkan di mana posisi perempuan Minangkabau sebagai pemimpin, katalisator, pengawal moral, perekat, pengayom, pemberi arah dan sebagainya. Perempuan Minangkabau diposisikan sebagai subjek bukan objek. Perempuan Minangkabau harus membangun rasa percaya diri, tanggungjawab dan rasa memiliki dalam tataran adat, agama, dan kebudayaan. Perempuan Minangkabau akan bertindak sebagai filter dalam persoalan yang dihadapi kaumnya”

Ansar Salihin

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: