Beranda > BERITA, PENDIDIKAN > Arah Pemberitaan Pasca 10 Tahun Tsunami

Arah Pemberitaan Pasca 10 Tahun Tsunami

2014-11-05 10.12.10Banda Aceh: Sejumlah wartawan di Banda Aceh menggelar forum diskusi organisasi Pers Aceh dengan tema “Arah Pemberitaan Media Pasca 10 Tahun Tsunasmi Aceh.” Acara ini digelar oleh Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) Aceh bertempat di kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Aceh Simpang Lima Kuta Alam Banda Aceh, Rabu (5/11/2014). Diskusi ini dibuka secara resmi oleh ketua DKP PWI Aceh Drs. Sanasi, MM, sementara pesertanya berasal dari perwakilan wartawan seluruh media yang ada dia Aceh baik cetak, online dan elektronik.

Kepala SJI PWI Aceh, Iranda Novandi, S.Sos mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka mengenang 10 tahun Tsunami Aceh. Dan melalui diskusi ini dia mengharapkan kepada wartawan untuk memberikan informasi yang berbeda dari peringatan 10 tahun kejadian yang meluluhlantakkan daerah pesisir Aceh dan menyebabkan ratusan ribu nyawa rakyat Aceh meninggal dunia.

“Tahun-tahun sebelumnya, media hanya memberitakan peringatan seremonial saja. Namun pada tahun ini dan melalui kegiatan ini pula kita rumuskan secara bersama untuk menginformasikan kepada kelayak umum tentang infomasi pasca 10 tahun tsunami baik perkembang pembanguna di Aceh, ekonomi maupun sosial budaya masyarakatnya sendiri pasca tsunami,” ajaknya.

Sementara itu Drs. Sanasi, MM, Ketua DKP PWI Aceh mengungkapkan, wartawan merupakan sumber informasi untuk masyarakat, ia memiliki ilmu pengetahuan yang diperoleh secara langsung dilapangan, sehingga informasinya masih dipercayai oleh masyarakat.

“Oleh karena itu, dalam konteks bencana alam yang terjadi di Aceh baik gempa, tsunami, banjir dan sebagainya, wartawan harus memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat melalui pemberitaan di media,” ujar Sanasi.

(Ansar Salihin |DM)

 

Kategori:BERITA, PENDIDIKAN
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: