Beranda > BERITA > Pertemuan IPMA Padangpanjang dengan Ketua DKA

Pertemuan IPMA Padangpanjang dengan Ketua DKA

image

Ketua DKA Nurmaida Atmaja bersama Pengurus IPMA Padangpanjang

Banda Aceh__Pengurus Ikatan Pelajar Mahasiswa Aceh (IPMA) Padangpanjang Sumatera Barat berdialog dengan ketua Dewan Kesenian Aceh (DKA) Nurmaida Atmaja di Taman Putroe Phang Banda Aceh, Sabtu 24/1/2015. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum IPMA Muhammad Andismar didampingi Humas Muhammad Hamzah, Juga dihadiri oleh Mantan Ketua IPMA priode 2012-2014 Ansar Salihin. Pertemuan tersebut dalam rangka silaturhami dan dialog terbuka terkait perkembangan dan kondisi kesenian Aceh sekarang ini.

Kondisi kesenian Aceh sekarang ini sangat mengkhawatirkan, selain krisisnya para seniman juga pendukung kesenian di Aceh sangat minim. Salah satu tugas lemabaga kesenian seperti DKA adalah memperhatankan marwah kesenian leluhur masyarakat Aceh. Kesenian Aceh ini sangat banyak dan kaya, akan tetapi tidak digali dan tidak dikembangkan, sehingga keberadaannya jalan di tempat.

Nurmaida Ketua DKA priode 2014-2019 mengungkapkan, untuk menjaga dan melestarikan seni budaya Aceh, DKA memprogramkan pembinaan kesenian berhubungan dengan dunia pendidikan dan pembinaan untuk generasi muda. Sehingga DKA pusat dan Dewan Kesenian di daerah kabupaten kota memberikan pembinaan kesenian ke sekolah-sekolah melalui potensi senimannya masing-masing.

“Ini menjadi tugas kita bersama sebagai seniman dan pelaku seni, baik akademisi maupun seniman di daerah, mari kita bersama-sama menggali, mengawal dan mengembangkan kesenian Aceh. Kita juga berharap kepada IPMA dapat memberikan bimbingan dan pelatihan-pelatihan ke sekolah tentang kesenian Aceh” Ungkap Nurmaida dalam dialog terbuka bersama pengurus IPMA dalam acara Putroe Phang Art & Music Weekend Show 2015.

Perjalanan IPMA dari Padangpanjang ke Aceh bertujuan untuk silaturhami dan memperknalkan organisasi IPMA beserta potensi yang ada di dalamnya kepada pemerintah dan masyarakat Aceh. Sebelumnya IPMA telah melaksanakan Whorlshop seni rupa dan pertunjukan untuk mahasiswa, siswa, dan sanggar di Takengon Aceh Tengah, Selanjutnya senin 26/1/2015 IPMA memberikan workshop kesenian di salah satu SMA di Banda Aceh. dalam acara Putroe Phang Art & Music IPMA juga pentaskan Pertunjukan Musik Tampoeng Etnik.

“Kita akan mengunjungi pemerintah Aceh dan lembaga seni budaya yang ada di Aceh untuk beraudiensi. Bahwa kita mahasiswa di rantau memiliki sebuah organisasi yang di dalamnya ada potensi kesenian baik pembinaan kesenian, penciptaan dan penggalian kesenian Aceh. oleh karena itu kita meminta dukungan dari pemerintah Aceh dan lembaga terkait untuk mengembangkan potensi tersebut. Sebelumnya kita sudah memberikan workshop dan pentas seni di Aceh Tengah, Kemudian SMA di Banda Aceh. kegiatan ini akan terus kita lakukan setiap tahuannya” Jelas Andirmar mahasiswa ISI Padangpanjang.

Win Ansar

Kategori:BERITA
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: