Beranda > BERITA > Seminar Jurnalistik: Sekali Menulis Terinspirasi Selamanya

Seminar Jurnalistik: Sekali Menulis Terinspirasi Selamanya

Sulaiman Juned sedang Menyampaikan Materi Seminar Jurnalistik (Foto: Win Ansar)

Sulaiman Juned sedang Menyampaikan Materi Seminar Jurnalistik (Foto: Win Ansar)

Banda Aceh__Penyair Sulaiman Juned berikan Seminar Jurnalistik kepada mahasiswa Universitas Serambi Mekah (USM) Banda Aceh, Sabtu 25/04/2015 di Gedung Lab Bahasa dan Sastra USM. Seminar tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia (HIMABSI) mengusung tema Membangun Kreativitas Mahasiswa dalam Dunia Tulis Menulis Sekali Menulis Terinspirasi Selamanya.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Drs. Isa Rani, M.Pd. Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) USM. Ia berharap melalui kegiatan ini dapat mengaspirasi mahasiswa untuk lebih kreatif dalam melahirkan karya-karya tulis. “Kegiatan ini merupakan salah satu kreativitas mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan menulis.Kemudian tulisan tersebut dapat dipublikasikan baik di jurnal ilmiah maupun di media massa” Jelasnya.

Sementara itu Irwan Ketua HIMABSI USM mengatakan kegiatan seminar jurnalistik ini pertama kali digelar oleh HIMABSI. Semoga kedepannya kegiatan terus berjalan secara rutin untuk melahirkan penulis-penulis di kampus Universitas Serambi Mekah. Untuk menindaklanjuti keseriusan mahasiswa dalam proses menulis, HIMABSI USM akan melaksanakan pelatihan lanjutan.

“Kedepannya HIMABSI USM akan melaksanakan pelatihan lanjutan tentang menulis dan pengelolaan redaksi. Hasil dari pelatihan tersebut kita akan membentuk sebuah komunitas menulis di kampus yaitu Unik Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers. Melalui UKM Pers kampus ini nantinya akan melahirkan penulis-penulis muda di kampus USM” Ungkap Irwan.

Materi yang disampaikan oleh Sulaiman Juned (Dosen ISI Padangpanjang, Kandidat Doktor ISI Surakarta) terkait materi dasar tentang Jurnalistik dan proses kreatif dalam menulis. Penyair nasional ini lebih memfokuskan materinya tentang motivasi untuk menulis, baginya penulis itu adalah salah satu profesi atau pekerjaan sama halnya menjadi seorang dotker, guru, dosen dan lainnya.

“Ada empat kemampuan manusia dalam berbahasa yaitu membaca, menyimak, berbicara dan menulis. Apabila membaca baik, menyimak baik dan berbicara baik maka akan melahirkan tulisan yang baik dan berkualitas. Selanjutkan agar motivasi menulis terus meningkat sekali menulis terinspirasi untuk selamanya, seorang penulis harus terus menulis dan mempublikasikannya di media” Papar Sulaiman Juned Penasehat Komunitas Seni Kuflet Padangpanjang juga penasehat Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Padangpanjang.

Ansar Salihin

Kategori:BERITA
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: