Beranda > Uncategorized > Sulaiman Juned: Spirit Lokalitas dan Realitas Sosial dalam buku Perempuan Berjangkat Utem

Sulaiman Juned: Spirit Lokalitas dan Realitas Sosial dalam buku Perempuan Berjangkat Utem

image

Banda Aceh__ Kekuatan sastra berada pada spirit lokalitas, begitu juga dengan buku Perempuan Berjangkat Utem kekuatannya berada pada lokalitas ke-Gayo-annya atau Ke-Aceh-annya. Itulah yang disampaikan Sulaiman Juned dalam Launching dan bedah buku Perempuan Berjangkat Utem, Senin 18/5/2015 di Restoran Lamnyong Banda Aceh.

Buku tersebut merupakan kumpulan Cerpen dua bahasa Indonesia dan Gayo yang diterbitkan oleh The Gayo Institut (TGI) Takengon. Penulisnya Salman Yoga S, Vera Hastuti dan Irama Br Sinaga. Ketiga penulis tersebut menuangkan idenya bersumber dari realitas sosial kemudian dikumpulkan dalam bentuk buku.

Sulaiman Juend (Dosen ISI Padangpanjang, kandidat Doktor Penciptaan Seni ISI Surakarata) mengatakan sebagian besar isi buku tersebut berangkat dari realitas sosial diri si penulis. Kemudian realitas sosial ini dijadikan sebagai realitas sastra. Kekuatan itu menjadi ciri khas buku ini sehingga memberikan kekuatan lokalitasnya.

“Berdasarkan isi keseluruhaan buku ini, ada sedikit kekuranganya yang masih belum sempurna, realitas sosialnya masih belum kuat dalam penerapan terhadap realitas sastra. Kemudian kata-kata dalam kalimat masih belum ekonimis. Semoga ini dapat menjadi masukan dan penyempurnaan buku ini dan karya laian kedepannya” Jelas Sulaiaman Juned.

Win Ansar

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: