Beranda > FOTO, KARYA SENI RUPA, Kriya > Tinjauan Karya Motif Emun Berkune (I)

Tinjauan Karya Motif Emun Berkune (I)

Karya 1Keterangan
Judul karya : Peran Generasi
Bahan : Kayu Surian
Teknik : Ukir tembus dan Ukir dalam
Ukuran : 45 x 20 x 55 Cm
Fungsi : Hiasan
Karya : Ansar Salihin
Tahun : 2014

Karya di atas berjudul Peran Generasi, merupakan karya seni ekspresi berbentuk tiga dimensi (Patung). Medianya berasal dari kayu dan mengunakan teknik ukir. Karya tersebut berwarna hijau, kuning dan merah mahoni dengan finishing milamine sistem. Fungsinya sebagai hiasan diletakkan di atas meja sudut ruangan.

Motif yang divisualisasikan dalam karya ini hanya sebagian dari bentuk motif emun berkune. Selain itu, bentuknya mengalami perubahan dengan tidak menghilangkan sumber asli. Bentuk yang distilir dari motif tersebut seperti daun atau cabang motif dipanjangkan, tumbuhnya cabang dari daun atau cabang melengkung serta mengeliligi badan motif.

Karya ini berangkat dari nilai-nilai yang terkandung dalam motif emun berkune, juga berangkat dari nilai budaya dan realita masyarakat. Motif emun berkune (bercabang-cabang) sebagai simbolis perantauan dalam masyarakat Gayo tujuannya untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Nilai-nilai dan makna motif emune berkune mencari kehidupan yang lebih baik dengan cara memisahkan diri dari komunitas, dalam karya ini digambarkan melalui bentuk karya yang berupa simbol-simbol. Peran generasi menentukan maju atau mundurnya suatu bangsa untuk waktu yang akan datang. Sudah membudaya dalam masyarakat Gayo, generasi mudanya merantau memisahkan diri dari masyarakatnya untuk menuntut ilmu di tempat lain.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: